28 June 2007

Filosofi Bunga Edelweiss


BUNGA RATU - Edelweiss

dari Wikipedia, encyclopedia-bebas

Edelweiss (Leontopodium alpinum), salah satu bunga yang sangat terkenal sebagai "BUNGA GUNUNG EROPA", sebagai salah satu keluarga BUNGA MATAHARI (Asteraceae).

Nama bunga ini berasal dari GERMAN
edel (berarti Mulia-noble) dan weiƟ (berarti Putih - white). Nama Genusnya Leontopodium berarti "LION'S paw" atau CAKAR MACAN, sedangkan LEON dari bahasa YUNANI - leon (lion) and podion ( KAKI, pous, foot).
  • Bunga ini bisa tumbuh mencapai ukuran 3-20cm (dalam perawatan dan pengembangan bisa mencapai 40cm). Daun yang muncul nampak seperti WOOL karena tertutup oleh BULU-BULU yang PUTIH.
  • Bunga ini mekar antara bulan JULI dan SEPTEMBER . Dan uniknya penyebaran bunga ini lebih menyukai daerah berbatu dan berkapur pada ketinggian 2000-2900m.
  • Bunga ini tidak beracun, dan sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk melawan penyakit yang berhubungan dengan perut (pembedahan perut) dan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.
  • Bunga ini biasanya tumbuh di lokasi yang tidak terjangkau, yang mana ini banyak terjadi di negara Slovenia dengan pegunungannya . Karena warna PUTIH-nya maka Switzerland menjadikannya sebagai simbol ke-MURNI-an dan ke-CANTIK-an, sehingga bangsa ROMANIA menyebutnya sebagai, floarea reginei (Queen's flower).

3 comments:

RaRa_weiSs said...

edelweiss tu bunga yang bguz bgt..
it was very excelent..
i like edelweiss..

Lite_pace said...

SbnaRnya aq lom pRnah mlihat bnga edelweis,
stlah aq mmbca sbuah artkel tntang bunga tsb aq langsung pnZran trhdap bnga tsb & aq langsung jtuh cnTa pda bnga tsb.
Dan dlam pkran ku bhwa bunga edelweis adlah bunga pnSaran..:-)

Amoy'verss said...

Yeay true :D
aku pernah meliHat'y sewaktU pendakian
di gunung slamet
dan sindoro
thun 2009. . . .
Indah :)

Labels